Semua tentang Tempat Wisata di Lombok, Indonesia @ 2017

Tujuan Wisata di Sekitar Gunung Rinjani

Pulau Lombok memang dianugrahi tuhan dengan beribu keindahan yang mampu memikat semua orang. Salah satunya adalah Gunung Rinjani yang telah menarik perhatian banyak wisatawan, tidak hanya lokal, tapi juga mancanegara. Panorama Gunung Rinjani banyak diincar wisatawan khususnya yang berjiwa petualang untuk melakukan trekking di Rinjani. Tidak hanya di Gunung Rinjani saja, beberapa desa di Kawasan Rinjani pun sepertinya ikut terdampak oleh keindahannya. Tidak heran jika setelah melakukan pendakian di Rinjani, beberapa wisatawan tidak langsung pulang melainkan mereka singgah terlebih dahulu di desa-desa di sekitar kawasan Rinjani untuk menikmati sisilain pegunungan ini atau sekedar beristirahat melepas lelah setelah pendakian. Berikut ini beberapa destinasi yang sering dikunjungi wisatawan di Kawasan Rinjani.

1. Senaru

air terjun dekat rinjani, desa senaru, air terjun di lombok, tujuan wisata lombok
Desa yang sering dijadikan awal untuk melakukan pendakian di Rinjani ini juga memiliki pemandangan alam yang mempesona. Desa yang berada di kecamatan Bayan ini juga memiliki beberapa tempat wisata terkenal seperti Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep. Selain itu, di Desa Senaru juga terdapat masyarakat adat yang mempertahankan cara hidup tradisional di tengah-tengah modernisasi seperti sekarang ini. Beberapa peninggalan adat pun masih terjaga seperti masjid kuno bayan, bengket bayan, dan rumah adat Karang Bajo.

2. Tetebatu

tujuan wisata lombok, tempat wisata alam, wisata alam tetabatu, kaki gunung rinjani
Photo by rinjanitreks.com

Tetebatu sering disebut sebagai surga di kaki Gunung Rinjani. Tidak percaya? Cobalah berkunjung ke sini dan anda akan betah berlama-lama karena keindahan alamnya yang luarrr biasa. Sejauh mata memandang, Anda akan disuguhi keindahan alam Tetebatu yang komplit. Dari sini terbentang pemandangan indah selatan Lombok, Gunung Rinjani di sebelah Utara, dan pemandangan laut di sebelah timur.  Dari Tetebatu, Anda juga bisa melakukan trekking sejenak ke Air Terjun Jukut dan Joben. Dengan sejuta keindahan, suhu udara yang sejuk dan langit yang sering ditutupi kabut menjadikan Tetabatu sebagai tempat beristirahat yang sempurna sebelum melanjutkan perjalanan Anda mengunjungi tempat-tempat wisata di Lombok Tengah lainnya.

3. Sembalun

tujuan wisata lombok, tempat wisata lombok, kebun sayur sembalun, kaki gunung rinjani
Sembalun adalah salah satu desa wisata yang wilayahnya paling dekat dengan Gunung Rinjani, letaknya sekitar 110 km dari Mataram. Sama hanya dengan daerah pegunungan lainnya, Desa Sembalun memiliki pemandangan yang cantik plus tanah yang subur. Tak heran jika Sembalun menjadi daerah penghasil rempah-rempah di NTB dan pemasok buah-buahan ke seluruhh wilayah Lombok. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini, salah satunya adalah bertani. Kita dapat ikut memitik hasil kebun seperti kentang, tomat, bawang dan sayur-sayuran lainnya saat musim panen tibe atau hanya sekedar melihat aktifitas masyarakat memanen saat musim panen raya yaitu sekitar bulan Juli-Sempember.

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi yang terletak di wilayah Gunung Rinjani. Jika Anda berencana untuk menginap di sekitar daerah ini, ada beberapa hotel rekomendasi yang bisa Anda singgahi seperti Hotel Santika Mataram, The Jayakarta Lombok, atau Senggigi Beach Hotel.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tujuan Wisata di Sekitar Gunung Rinjani