Semua tentang Tempat Wisata di Lombok, Indonesia @ 2017

Keindahan Wisata Pantai Pink di Lombok Timur

Pantai Pink Lombok sebenarnya merupakan julukan atau nama lain dari Pantai Tangsi. Tempat wisata di Lombok Timur dinamakan Pantai Pink karena warna pasir di pantai ini terlihat sedikit kemerah-merahan atau pink. Pantai ini terletak di Desa Sekaroh, sebuah desa kecil di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Warna yang tidak biasa inilah yang menjadikan pantai Tangsi atau pantai Pink sebagai tempat yang unik dan indah untuk dikunjungi saat berwisata ke Pulau Lombok. Pantai dengan karakteristik seperti ini juga bisa Anda temukan di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Pantai tangsi lombok, wisata pantai di lombok, wisata lombok, tempat wisata di pulau lombok


Pantai pink lombok, Pantai tangsi lombok, wisata pantai di lombok, wisata lombok, tempat wisata di pulau lombok
Sebenarnya, warna pasir di Pantai Pink di Lombok ini sama dengan pantai-pantai pada umumnya, berwarna putih. Namun, pasir disini bercampur dengan serpihan-serpihan terumbu karang halus yang berwarna kemerahan, sehingga terlihat dari jauh seperti pasirnya yang berwarna pink. Warna pink ini akan lebih jelas terlihat saat pasir terkena air laut, apalagi jika cuaca pada saat itu cerah.

Kata Tangsi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti “asrama” atau “barak”. Sehingga banyak anggapan jika dulunya pantai ini pernah dijadikan markas tentara Jepang. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya gua buatan dan juga sebuah meriam peninggalan Jepang tidak jauh dari pantai.

Keindahan Pantai Pink Lombok

pantai pink lombok, Pantai tangsi lombok, wisata pantai di lombok, wisata lombok, tempat wisata di pulau lombok

Selain pasir pantainya yang khas, Pantai Pink juga memiliki panorama alam yang sangat mengesankan. Desekeliling pantai terdapat tebing-tebing yang cukup tinggi dan juga berugak (semacam pondok/pendopo) di atasnya yang disediakan bagi para wisatawan untuk menikmati hamparan pantai dan lautan lepas yang indah. Aroma air laut yang khas, hembusan angin pantai dan suara ombak yang membentur karang membuat hati dan pikiran yang berkunjung kesini menjadi tenang.

Pantai Pink memiliki arus yang cukup tenang dengan deburan ombak yang sangat kecil, sehingga tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berwisata dan mengajak anak Anda bermain-main. Selain itu, sempatkanlah untuk bersnorkeling di sini, dan Anda akan dibuat takjub oleh terumbu terumbu karangnya yang sangat indah. Walaupun demikian, ada beberapa titik yang terumbu karangnya rusak akibat jangkar-jangkar perahu nelayan setempat.

Pengunjung juga tidak hanya dapat menikmati keindahan alam Pantai Pink, kita juga dapat menyewa perahu nelayan setempat untuk berkeliling di gugusan pulau-pulau kecil (Gili) yang berada sekitar 2 km dari tepi pantai. Perahu-peruha nelayan yang berisi 10-12 orang ini dapat disewa hanya dengan membayar tarif Rp10.000 per orang saja.


pantai pink lombok, Pantai tangsi lombok, wisata pantai di lombok, wisata lombok, tempat wisata di pulau lombok

Namun sayang, keindahan pantai yang masih bagian dari Pantai tanjung Ringgit ini tidak begitu familiar di kalangan wisatawan karena lokasi serta akses jalan menuju tempat ini kurang memadai.

Cara menuju ke Pantai Pink Lombok

Lokasi Pantai Tangsi/Pantai Pink lumayan jauh dari Kota Mataram, sehingga membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk menuju lokasi ini. Rutenya sama persis dengan Rute menuju Tanjung Ringgit, karena memang lokasi keduanya berdekatan. Hanya saja, pintu masuk Pantai Tangsi berada sekitar 1 Km sebelum Tanjung Ringgit. Perhatikan ada tulisan di pinggir jalan “Pantai PINK 50 meter”, dari situ Anda tinggal berjalan kaki menuju lokasi Pantai Pink Lombok.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Keindahan Wisata Pantai Pink di Lombok Timur