Semua tentang Tempat Wisata di Lombok, Indonesia @ 2017

Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep

Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep berada di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Ada dua jalur yang bisa digunakan untuk mencapai lokasi ini, yaitu melalui jalur Senggigi atau jalur Pusuk yang memerlukan waktu yang cukup lama. Namun semua itu akan terbayar dengan keindahan air terjun yang indah dan indah ini. Air Terjun ini muncul dari atas tebing dengan ketinggian sekitar 30 m dengan debit air yang cukup besar. Di bawahnya terdapat sungai-sungai kecil sehingga pengunjung dapat berenang atau sekedar mandi di tengah sejuknya pegunungan yang masih segar.


lombok utara, nusa tenggara barat, indonesia, wisata lombok, sejuk, alami
Air Terjun Sendang Gile

Jika melewati jalur Pusuk, sepanjang jalan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan sawah dan hijaunya gunung-gunung. Namun anda juga akan melewati jalan berkelok dan menanjak hingga mencapai puncaknya Pusuk. Di Puncak Pusuk (Pusuk Pass) terdapat daerah wisata yang sepenajng jalan Anda bisa mendapati monyet-monyet kecil berkeliaran.

Jika menempuh jalur Senggigi, maka jarak tempuh akan lebih jauh dibanding dengan jalur Pusuk. Namun suguhan pemandangan di jalur ini bukanlah pegunungan, melainkan pantai. Ada beberapa pantai yang akan dilewati disini, mulai dari Pantai Meninting, Pantai Batu Bolong, Pantai Senggigi, Kerandangan, Malimbu, dan juga 3 pulau gili eksotis di Barat Pulau Lombok yaitu Gili Menu, Gili Air dan Gili Trawangan.
airt terjung sendang gile, air terjung tiu kelep, lombok utara, nusa tenggara barat, wisata lombok
Jalan menuju air terjun

Penjalanan untuk menuju gerbang Air Terjun memerlukan waktu sekitar 2 jam. Selanjutnya kita harus berjalan kaki melewati anak tangga menuruni bukit yang berjumlah ratusan yang memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk menuju ke Air Terjun Sendang Gile. Sedangkan Air Terjung Tiu Kelep berjarak sekitar 15 menit lagi dari Sendang Gile dengan berjalan kaki.

Air Terjun ini, konon tidak sengaja ditemukan oleh penduduk setempat yang sedang mengejar singa gila yang meresahkan warga desa. Orang setempat menyebut Singa gile dengan Senggang gila. Namun pelafalan senggang perlahan-lahan berubah menjadi sendang. Itulah sebabnya air terjun ini lebih dikenal dengan sebutan Sendang gile (Sendang gila) pada saat ini. Konon katanya, orang yang yang mandi di air terjun ini bisa menjadi awet mudah. hehe..

Setelah puas bermain air, Anda singgah mengisi perut sambil menikmati kesejukan pegunungan di Rumah Makan Senaru. Disini Anda bisa menikmati aneka makanan namun tetap bisa menyaksikan keindahan air terjun dari kejauhan.

Tarif masuk di Lokasi ini sebesar Rp. 2000. Agar tidak tersasar, Anda juga bisa menggunakan jasa pemandu oleh warga setempat dengan tarif yang bisa ditawar, tergantung kesepakatan. Selain itu, Anda akan diajak berpetualang dengan track berbeda jika menggunakan jasa pemandu, membuat perjalanan wisata Anda ke Air Terjun Sendang Gile danTiu Kelep menjadi lebih berkesan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep