Semua tentang Tempat Wisata di Lombok, Indonesia @ 2017

Trekking di Gunung RInjani Lombok

Wisata Gunung Rinjani dan Danau Segara anak tak bisa dipungkiri lagi keindahannya. Gunung tertinggi ke 3 di Indonesia ini merupakan kawasan taman nasional dengan luas 41.330 ha dengan puncak tertinggi 3726 mdpl menyajikan pesona luar biasa dan banyak dikunjungi wisatawan khususnya bagi yang menyukai petualangan. Nah, sebelum Anda melakukan trekking di Gunung Rinjani, sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu jalur yang sering dilalui para pendaki.

Jalur Trekking Gunung Rinjani

Sebenarnya ada banyak jalur trekking yang bisa dilalui, namun yang paling banyak digunakan adalah melalui Sembalun. Sembalun dijadikan jalur favorit karena konturnya yang tidak menanjak menuju Senaru sebelum dilanjutkan menuju Plawangan. Dari Senaru ke Plawangan inilah Anda perlu menggunakan tenaga ekstra karena didominasi jalan menanjak. Namun jangan khawatir karena lelah Anda akan terbayarkan saat Anda menyaksikan keindahan Danau Segara Anak. Di sini Anda bisa mendirikan tenda untuk beristirahat, mengembalikan tenaga sambil memancing.

rinjani trekking, mendaki di gunung rinjani, pendakian gunung rinjani,

Setelah tenaga Anda pulih, Anda bisa melanjutkan pendakian yang cukup menantang menuju Plawangan Sembalun. Dibutuhkan tenaga ekstra dan kesabaran ekstra untuk mencapai puncak Gunung Rinjani. Namun setelah sampai di puncak, semua jerih payah Anda akan terbayar lunas dengan keindahan pemandangan Gunung Rinjani. Jika cuaca sedang bagus, Anda bisa menyaksikan tiga gunung sekaligus yaitu Gunung Agung Bali, Gunung Tambora Sumbawa, dan Gunung Ijen - Merapi Banyuwangi. Bagi Anda penggemar fotografi, jangan lupa untuk membawa kamera, beserta perlengkapannya sekaligus baterai dan memori cadangan karena akan banyak pemanangan menarik yang harus Anda abadikan.

Waktu dan Biaya Trekking Rinjani

Seluruh perjalanan trekking menuju puncak Rinjani bisa memerlukan waktu 3 hari 2 malam. Lama pendakian bisa lebih lama jika Anda ingin singgah melihat beberapa obbjek wisata disekita Rinjani sepeti Gua Susu dan Gunung Baru Jari.

Sebagai salah satu destinasi wisata Lombok yang banyak diminati, akomodasi menuju Gunung Rinjani pun sangat mudah. Untuk mencapai Gunung Rinjani, Anda dapat langsung menuju Desa Sembalun atau menuju Desa Senaru dari Kota Mataram. Anda bisa menggunakan angkutan umum dari terminal Mandalika di Mataram menuju Anyar dengan tarif Rp 15.000 dengan waktu perjalanan sekitar 2,5 jam. Dari Anyar Anda harus menggunakan bemo menuju Senaru. Atau jika Anda ingin memulai pendakian melalui Sembalun, maka dari terminal langsung menuju Aikmel dan naik bus lagi menuju Sembalun.

Beberapa hotel di Mataram yang bisa Anda singgahi bermalam sebelum melakukan pendakian seperti Hotel Santika Mataram, The Jayakarta Lombok, atau Senggigi Beach Hotel.
Setelah melakukan trekking Rinjani, jika Anda masih ingin melanjutkan perjalanan, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di sekitar Gunung Rinjani.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Trekking di Gunung RInjani Lombok

1 komentar:

Rinjani Trek said...

wah memang surganya wisata di lombok ini, terima kasih banyak bang