Semua tentang Tempat Wisata di Lombok, Indonesia @ 2019

5 Air Terjun di Lombok yang Mempesona

Salah satu tujuan wisata di Lombok yang banyak diminati selain pantai dan pulaunya adalah air terjun. Hal ini karena Pulau Lombok merupakan kawasan pegunungan dan salah satu yang tertinggi yang banyak kita kenal adalah Gunung Rinjani. Dalam artikel kali ini, blog wisata Lombok aja akan mengulas sedikit beberapa air terjun di Lombok yang banyak di kunjungi para wisatawan baik lokal maupun asing karena keindahan dan pesona alamnya yang menakjubkan.

1. Air Terjun Sendang Gile, Lombok Utara

air terjun di lombok, tempat wisata di lombok, wisata di lombok, wisata lombok, air terjun sendang gile
Air Terjun Sendang Gila (biasa juga disebut : gile) terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter terdiri dari dua tingkat. Tingkat yang pertama muncul dari atas tebing dan jatuh ke kolam di bawahnya, dari kolam inilah kemudian menghasilkan tingkatan kedua dan membentuk sungai di bawahnya. Sungai di bagian bawah ini tidak terlalu dalam, sehingga banyak pengunjung yang berenang di bawah air terjun ini. Air Terjun Sendang Gile berjarak sekitar 60 km dari kota Mataram. Sekitar 2 - 3 jam perjalanan dengan roda empat untuk menuju Desa Senaru.


2. Air Terjun Tiu Kelep, Lombok Utara

air terjun di lombok, tempat wisata di lombok, wisata di lombok, wisata lombok,

Air Terjun Tiu Kelep juga terletak di Desa Senaru, sekitar 15 menit dari Air Terjun Sendang Gile. Air terjun ini memiliki ketinggian 42 meter dan bertingkat-tingkat. Meskipun demikian, kolam di bagian bawah tidak terlalu dalam dan memiliki dasar yang lembut sehingga pengunjung dapat mandi dan berenang di sini.

Dalam Bahasa Sasak (suku asli Pulau Lombok), tiu berarti kolam, dan kelep berarti terbang. Ini menggambarkan bahwa di air terjun ini terdapat kolam dengan butiran-butiran air yang berterbangan. Jika Anda datang di saat yang tepat, mungkin Anda akan melihat pelangi akibat butiran-butiran air ini. Konon jika seseorang yang mandi di kolam ini akan menjadi awet muda.

Lihat selengkapnya Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep untuk cara ke tempat tersebut.

3. Air Terjun Batara Lejang, Lombok Utara

air terjun di lombok, tempat wisata di lombok, wisata di lombok, wisata lombok,
Air terjun di Lombok yang juga mempesona adalah Batara Lejang. Air terjun ini masih berada di kompleks yang sama dengan Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep. Namun demikian, bukan berarti air terjun ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga tatap layak untuk dikunjungi. Selain pesona alamnya yang masih alami dan sejuk, air Terjun Bantara Lejang juga terdapat sumber air panas yang jernih. Sehingga banyak wisatawan yang sengaja datang ke tempat ini untuk menghangatkan badan dan relaksasi setelah lelah berkeliling Lombok. Untuk menuju Air Terjun Bantara Lejang, Anda harus melalui jalur pendakian ke Gunung Rinjani. Perjalanan ini memakan waktu sekitar setengah jam dari pintu rimba pertama hingga ke jalan masuk menuju air terjun.


4. Air Terjun Tiu Teja, Lombok Utara

air terjun di lombok, tempat wisata di lombok, wisata di lombok, wisata lombok,Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 40 m dan lebar 10 m ini terletak di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara. Jaraknya sekitar 60 km dari Ibukota Mataram atau 30 km dari Pelabuhan Bangsal. Diperlukan waktu sekitar 1 jam untuk menuju lokasi air terjun ini. Air Terjun Tiu Teja terbilang masih sangat alami karena belum banyak terekspos, namun demikian pesona alamnya tak kalah dengan air terjun lainnya. Di sekitar air terjun dikelilingi oleh pohon-pohon lebat yang menjaga tempat ini tetap asri. Di bagian bawah air terjun, terdapat kolam-kolam yang tidak terlalu dalam sehingga pengunjung dapat berenang dan bermain.

5. Air Terjun Mayung Putek

air terjun di lombok, tempat wisata di lombok, wisata di lombok, wisata lombok, air terjun belerang

Air Terjun Mayung Putek (bahasa sasak: rusa putih) terletak di perbatasan Lombok Utara dan Timur, tepatnya di Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun. Air terjun di Lombok yang satu ini berbeda dengan air terjun lainnya yang bernuansa sejuk dan kebiru-biruan, Air Terjun Mayung Putek memiliki nuansa putih. Hal ini disebabkan karena air terjun yang berketinggian 60 meter ini memiliki kandungan belerang.Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk berendam karena dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Lokasi air terjun ini sekitar 173 km dati Kota Mataram dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, ada dua rute yang bisa Anda tempuh untuk menuju ke sini yaitu melalui Lombok Timur atau melalui Lombok Utara. Rute jika melalui Lombok Utara yaitu melalui sepanjang Jalan Pantai Senggigi hingga sampai di Bira. Sedangkan jika melalu Lombok Timur yaitu ke Narmada, Mantang, dan seterusnya hingga sampai di Bira.

Setelah tiba di Desa Bilok Petung Anda akan melihat tanda panah di tepi jalan bertuliskan Air Terjun Mayung Putik. Ikuti jalan tersebut hingga tiba di area parkir di ujung jalan. Dari sini Anda harus berjalan kaki melewati jalan setapak dan anak tangga sekitar 30 menit.

Itulah beberapa air terjun di Lombok yang memiliki pemandangan mempesona. Sebenarnya masih banyak air terjun yang terdapat di Pulau Lombok seperti Air Terjun Geripak, Joben, Jukut, Senaru, Tiu Pupus, Kerta Gangga, dan masih banyak lagi. Namun kelima air terjun ini sudah dapat mewakili pesona air terjun yang ada di Lombok. Jika Anda punya informasi air terjun lainnya yang belum disebutkan di atas, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah. Jika Anda tertarik dengan artikel ini, Anda juga bisa share ke teman-teman Anda untuk mempromosikan tempat wisata yang ada di Lombok.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Air Terjun di Lombok yang Mempesona

5 komentar:

Unknown said...

Kok AIR TERJUN MAYUNG PUTEK masik masuk daftar...?
kan udh gk da airnya...

eni sulistiani said...

memang benar mayung putek sudah tidak berair tetapi dulu pernah menjadi primadona air terjun belerang.......saya juga punya tulisan yang berdasarkan hasil survey http://roniardy.blogspot.com/2015/03/3-air-terjun-di-lombok-yang-paling.html

eni sulistiani said...

yang nulis mungkin kurang tahu yang sebenarnya fhoto yang ada di batara lejang adalah wisata air terjun tiu teja yang berada di hutan santong kecamatan kayangan, kok gambarnya bisa salah mohon di kroscek untuk memberikan informasi yang benar dan akurat saya punya weblog dengan tema yang sama karena saya sendiri orang lombok dan kenal betul tentang wisata kami http://www.lomboksociety.web.id/2015/03/3-air-terjun-di-lombok-yang-paling.html

paket wisata lombok said...

selain pantai pantai yang terkenal, pulau Lombok memang memiliki keindahan alam yang sangat cantik. Air terjun juga banyak terdapat di pulau Lombok ini, banyak orang bilang bahwa pulau lombok bisa sangat terkenal kelak dibidang pariwisata. so terimakasih buat penulis yang bikin kita tau banyak tentang air terjun - air terjun di pulau Lombok. sukses yaa

nikita said...

Wisata Lombok sangat bagus, pantainya bersih air laut biru hernih bak kaca,oktober 2015 saya wisata k Lombok.saya ingin k Lombok kembali .