Semua tentang Tempat Wisata di Lombok, Indonesia @ 2017

Yuk, Ngebolang Ke Air Terjun Sendang Gile Di Kaki Gunung Rinjani Lombok

Buat kamu yang hobi manjat gunung, pasti bakal happy kalau dapat bonus pemandangan menawan selain puncak gunung. Tidak hanya padang savanah saja, tapi bisa berupa danau atau air terjun. Ini juga yang bisa kamu nikmati saat mendaki ke Gunung Rinjani di Lombok. Adalah Air Terjun Sendang Gile yang letaknya ada di kaki Gunung Rinjani. Dan tahu nggak? Air terjun ini sering dijadikan sebagai tempat persinggahan para pendaki untuk mendinginkan tubuh setelah atau bahkan sebelum naik gunung.
Lihat juga: 3 Tempat Wisata di Sekitar Gunung Rinjani

Lokasi Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile letaknya ada di kaki Gunung Rinjani dengan ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan air laut. Lebih tepatnya ada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupatan Lombok Utara, NTB. Desa Senaru sendiri adalah salah satu rute populer yang banyak digunakan oleh pendaki menuju ke Gunung Rinjani.

air terjun sendang gile, air terjun sendang gile lombok, sendang gile lombok, air terjun di lombok, tempat wisata di lombok, tempat wisata di lombok timur, rute ke air terjun sendang gile
Rute Menuju Sendang Gile

Jalur yang dapat dipilih untuk sampai ke Desa Senaru ada 2. Pertama, kamu bisa pilih jalur melalui Pusuk. Rute yang harus ditempuh cukup berkelok-kelok dan menanjak. Namun kamu akan disuguhi oleh persawahan di kanan kiri jalan serta monyet-monyet kecil yang sudah jinak. Jalur kedua adalah melewati Senggigi dengan view yang didominasi oleh pantai-pantai dan pulau cantik yang ada di Lombok. Sedangkan untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Sendang Gile ini adalah Rp2.500* per orang.

Perjalanan menuju Air Terjun Sendang Gile

Tidak butuh waktu lama kok untuk bisa menikmati keindahan air terjun dan kesegaran airnya karena memang lokasinya tidak terisolasi. Hanya diperlukan waktu sekitar 10 – 15 menit dengan berjalan kaki dari tempat pembelian karcis. Deretan anak tangga yang terbuat dari semen cukup memudahkan langkah kaki wisatawan yang datang berkunjung. Lokasinya yang cukup dekat dengan pintu masuk ke TN Gunung Rinjani membuat banyak pendaki gunung yang mampir ke tempat ini.

air terjun sendang gile, air terjun sendang gile lombok, sendang gile lombok, air terjun di lombok, tempat wisata di lombok, tempat wisata di lombok timur
air terjun sendang gile, air terjun sendang gile lombok, sendang gile lombok, air terjun di lombok, tempat wisata di lombok, tempat wisata di lombok timur

Di sepanjang rute menuju ke Air Terjun Sendang Gile, pemandangan hutan yang menjadi bagian dari TN Gunung Rinjani dengan pohon-pohonnya yang lebat akan menyambutmu. Nggak usah takut tersesat karena rute yang dibuat oleh pengelola cukup memadai. Di sana, kamu juga akan bertemu dengan pohon-pohon kopi sehingga aromanya yang khas membuat pecinta kopi menyukainya. Dan tak lama berselang, suara gemercik air yang mengalir deras dari puncak mulai terdengar saat kamu mulai menaiki anak tangga pertama.

Waktunya menyejukan diri di Air Terjun Sendang Gile

air terjun sendang gile, air terjun sendang gile lombok, sendang gile lombok, air terjun di lombok, tempat wisata di lombok, tempat wisata di lombok timur

Dengan ketinggian 30 meter, air yang mengalir dari puncak terlihat menghantam kolam berair hijau kebiruan di bawahnya. Airnya yang jernih juga membuat banyak wisatawan tergoda untuk mendinginkan tubuh. Tapi, kalau kamu nggak bisa berenang, kamu tidak disarankan untuk mandi di kolam Air Terjun Sendang Gile karena konon kedalamannya mencapai 200 meter. Tapi kalau kamu merasa sudah jago berenang, tempat ini cukup bisa mendinginkan badan setelah perjalanan yang cukup melelahkan.

Batu-batu besar yang berserak di bawah air terjun ini menuntut kamu harus berhati-hati saat menapak. Setelah itu, kamu bisa mengistirahatkan badan dengan duduk-duduk di atas batu sebelum mengeksplorasi seluruh kawasan Air Terjun Sendang Gile. Ngadem di sekitar air terjun sepertinya menjadi satu hal yang wajib kamu lakukan di sini. Suasana tenang, riak-riak air yang terus bergerak, kicauan burung yang kadang terdengar, serta hawa yang sejuk di sekitar Air Terjun Sendang Gile membuat hati menjadi adem dan damai.

Bila dilihat secara lebih seksama, air terjun ini terlihat seperti air terjun kembar. Tidak hanya itu, debit airnya juga tergolong besar sehingga deburan air yang jatuh ke kolam-kolam di bawah air terjun terdengan begitu keras. Di kanan kiri air terjun ‘kembar’ juga terdapat air terjun lain dengan debit air yang deras. Hanya saja, posisinya jauh lebih pendek.

air terjun sendang gile, air terjun sendang gile lombok, sendang gile lombok, air terjun di lombok, tempat wisata di lombok, tempat wisata di lombok timur

Atmosfir di sekitar air terjun juga lumayan rapi karena penjual hanya diijinkan menata dagangan di sekitar tempat parkir, atau di dekat pintu masuk menuju air terjun. Dan untuk kenyamanan, kini sudah tersedia meja dan bangku yang dibuat dari semen sehingga pengunjung yang datang bisa beristirahat sambil menikmati suasana alam di sekitar Air Terjun Sendang Gile.

Traveler, kalau tidak mau tersesat dan ingin yang praktis, kamu bisa ajak pemandu lokal yang akan mengantarkan kamu ke Air Terjun Sendang Gile dan air terjun lain yang letaknya berdekatan. Atau, gabung dengan agen perjalanan yang akan mengantarkan kamu ke beberapa tempat wisata sekaligus. Hanya dengan membayar biaya tur per paket, kamu sudah dapat pemandu wisata, lunch box, transportasi, serta gratis masuk berbagai tempat wisata di Lombok seharian penuh.

Keterangan * : Harga berlaku saat artikel ini ditulis

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Yuk, Ngebolang Ke Air Terjun Sendang Gile Di Kaki Gunung Rinjani Lombok

0 komentar: