Semua tentang Tempat Wisata di Lombok, Indonesia @ 2017

Pantai Selong Belanak Lombok

Meski terdengar asing di telinga kita, Pantai Selong Belanak merupakan salah satu pantai yang terkenal di Lombok. Bahkan lima tahun terakhir, wisatawan mancanegara mulai melirik pantai ini karena keindahan dan keasriannya. Selain itu pantai ini dikelola dengan baik, sehingga kebersihan dan kerapiannya dijamin oleh masyarakat setempat. Memiliki bentuk pantai melengkung seperti bulan sabit, dengan tambahan bukit-bukit kecil di ujung sabit pantai semakin memikat pengunjung. Selain itu faktor posisi pantai yang mengarah langsung ke Samudra Hindia, semakin mempercantik suasana alami.
Baca juga: 5 Pantai terindah di Lombok

pantai di lombok, selong belanak, selong belanak lombok, selong belanak lombok tengah

Sekitar 25% Pantai Selong Belanak Lombok digunakan sebagai pemukiman penduduk setempat dan tempat bersandarnya perahu-perahu nelayan. Tentu saja area ini kurang cocok bagi Anda untuk beraktifitas air atau sekedar bersantai bersama keluarga, karena terbatasnya ruang. Namun tak perlu bingung, karena Anda masih bisa menggunakan sisi utara Pantai Selong Belanak Lombok yang sangat luas dan bersih. Area ini sangatlah cocok untuk aktifitas air seperti bermain pasir, berenang, bahkan menyelam. Karena di area ini bebas dari kegiatan sehari-hari warga setempat, yang memang di khusukan bagi Wisatawan. Selain pasirnya lebih putih dari sisi selatan, di area ini pantainya lebih landai dan airnya sangat tenang.

Karena memiliki ciri khas dan kondisi perairan yang tenang, Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga seperti berenang, berjemur, jalan-jalan tanpa harus takut dengan datangnya ombak besar. Jika memiliki hobi memancing, Anda bisa menyewa perahu dari penduduk setempat. Selain itu, Anda akan disuguhkan kehidupan sederhana penduduk sekitar seperti nelayan yang memperbaiki perahu mereka, ibu-ibu yang membakar hasil melaut suaminya, dan anak-anak yang membantu orangtuanya dengan memikul gallon berisi air bersih dari sumber air ke rumah mereka.

pantai di lombok, selong belanak, selong belanak lombok, selong belanak lombok tengah

Seperti kebanyakan pantai-pantai di Lombok, Pantai Selong Belanak Lombok sangatlah sepi di hari-hari biasa. Namun pada hari libur atau liburan sekolah, pantai ini sangatlah ramai dengan wisatawan lokal hingga mancanegara. Namun selain di tanggal merah, pantai ini akan kembali sepi dengan beberapa pengunjung saja. Sehingga bagi Anda yang mencari suasana sepi dan tenang, Pantai Selong Belanak Lombok menjadi tempat yang sangat pas.


Walaupun sepi pengunjung, Pantai Selong Belanak Lombok tetap memberikan fasilitas-fasilitas umum seperti warung, rumah makan, kamar mandi, tempat istirahat, hingga penyewaan perahu. Jika ingin menginap, Anda bisa menyewa villa yang yang ada di sekitar pantai atau camping di pantai menggunakan tenda-tenda yang disewakan penduduk. Andai merasa lapar, Anda bisa membeli kuliner khas kepada penduduk setempat seperti sate ikan, bakso ikan, kepiting bakar, hingga bermacam-macam olahan seafood.

Rute Menuju Ke Pantai Selong Belanak Lombok

Pantai Selong Belanak Lombok terletak sekitar 49 kilometer dari kota Mataram, sekitar 1,5 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Dari kota Mataram, menuju ke bandara internasional Lombok hingga bertemu perempatan masjid jami belok ke arah jalan tanjakan (selatan) hingga menemukan pantai. Mendekati pantai, Anda akan disambut dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan dari ketinggian perbukitan. Ikuti jalan hingga menemukan pantai dengan laut biru, pasir putih yang berbentuk sabit. Maka Anda sudah tiba di wilayah Pantai Selong Belanak Lombok.

Meskipun akses menuju ke Pantai Selong Belanak Lombok melewati perbukitan dengan kontur jalan naik turun, Anda tidak perlu pusing dengan kondisi jalannya, karena jalan menuju pantai ini sudah beraspal dan relative baik. Di tengah-tengah perjalanan, Anda akan terpesona dengan keindahan kebun tembakau yang sangat luas. Setelah tiba di lokasi pantai, Anda harus memarkirkan kendaraan dan berjalan sekitar 50 meter.

Lokasi Pantai Selong Belanak Lombok

Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya barat, Kabupaten Lombok Tengah.

Harga Tiket

Gratis

Fasilitas Umum

Lahan Parkir, Kamar Mandi, Tempat Istirahat, Penginapan, Warung, Rumah Makan, Bangku, Perahu, Ban Berenang.

Hotel Dan Penginapan

Kuta Paradise Lombok, Kuta Indah Hotel, Segare Anak Bungalows & Restaurant.

Waktu Terbaik Berkunjung

Pagi : Jam 08.00 - 10.00
Sore : 15.00-17.00

Tips Berwisata ke Pantai Selong Belanak Lombok

Jika Anda mengalami kesulitan untuk menuju ke Pantai Selong Belanak Lombok, kami sarankan agar membawa GPS. Namun jika tidak memilikinya, Anda bisa bertanya kepada penduduk. Karena rute menuju ke Pantai Selong Belanak Lombok, sangatlah jauh dan minim petunjuk jalan.

Lebih baik menggunakan kendaraan roda empat, karena sepanjang perjalanan menuju ke Pantai Selong Belanak Lombok tidak ada SPBU dan sangat jarang pedagang bensin eceran. Tetapi jika terpaksa menggunakan sepeda motor, kami sarankan agar mengisi full bahan bakar Anda, bila perlu bawa bensin cadangan menggunakan botol air mineral.

Bawalah tabir surya dan penutup kepala, karena cuaca di Pantai Selong Belanak Lombok sangatlah panas sehingga berpotensi membakar kulit Anda.

Jangan gunakan alas kaki (sandal atau sepatu) ketika berjalan di pasir, karena akan menimbulkan lecet di kulit kaki Anda akibat dari gesekan dengan alas kaki.

Anda bisa mengunjungi pantai lainnya yang letaknya tak jauh dari Pantai Selong Belanak Lombok seperti pantai Mawun, Pantai Kuta Lombok, Pantai Seger.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pantai Selong Belanak Lombok

3 komentar:

near zero risk said...

woow bagus banget deh pemandangannya, keliatannya seru banget kalau kesana

Paket Tour Lombok said...

3 bulan yg lalu main ke pantai ini, pantainya indah, tapi sayang sampai di sana uda sore, jd harus buru2 pulang

Game Petualangan Deus Ex: Human Revolution said...

Awesome information..
Keep writing and giving us an amazing information like this..

Blog Walking visit myblog http://bombomwar.blogspot.co.id/ ^^