Semua tentang Tempat Wisata di Lombok, Indonesia @ 2017

Pantai Mawi, Surganya Para Peselancar di Lombok Tengah

Becerita tentang keindahan Pulau Lombok memang tidak ada habisnya. Selalu ada tempat-tempat menarik untuk dikunjungi mulai dari pantai, gunung, air terjun, hingga tempat-tempat yang kental dengan sejarah dan budayanya. Kali ini, kita akan membahas salah satu pantai yang berada di bagian selatan pulau Lombok, yaitu Pantai Mawi di Kabupaten Lombok Tengah. Pantai ini merupakan salah satu dari beberapa pantai di pulau Lombok yang cukup sering dikunjungi wisatawan, terutama yang hobi surfing atau berselancar.

Lombok Tengah memang dianugerahi pantai-pantai yang indah dan telah banyak dikenal wisatawan seperti Pantai Kuta, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Selong Belanak. Meski tak seramai pantai-pantai lainnya, namun ternyata Pantai Mawi ini memiliki tempat tersendiri dihati para peselancar. Tentu saja karena ombaknya yang cantik dan cocok untuk kegiatan yang cukup memacu adrenalin ini. Bukan hanya peselancar lokal yang datang kesini, tidak sedikit juga turis macanegara yang dating, tertarik untuk menguji ombak di Pantai Mawi. Lihat saja beberapa foto ombak dan keseruan berselancar di tempat ini.

tempat wisata di lombok, pantai mawi, tempat wisata lombok tengah, tempat selancari di lombok, surfing di lombok

tempat wisata di lombok, pantai mawi, tempat wisata lombok tengah, tempat selancari di lombok, surfing di lombok

Bagaimana? Anda tertarik mecobanya juga? Bulan Mei hingga Oktober adalah saat yang tepat untuk merasakan sensasi ombak terbaik di Pantai Mawi. Namun bagi Anda yang baru belajar, pantai ini tidak disarankan. Sebaiknya Anda mengunjungi pantai tetangganya yaitu Selong Belanak yang mempunyai ombak lebih kecil dan kurang berbahaya.

Pantai Mawi, Tidak hanya sekedar Berselancar

Sama seperti pantai-pantai lainnya di Pulau Lombok, Pantai Mawi juga menawarkan pesona pantai yang indah dan cocok dijadikan sebagai tempat untuk bersantai.

Posisinya yang terletak di balik bukit membuat suasana pantai menjadi lebih teduh dan asri dengan pemandangan laut Samudera Hindia yang luas dan biru.

tempat wisata di lombok, pantai mawi, tempat wisata lombok tengah, tempat selancari di lombok, surfing di lombok


Jika ingin menikmati keindahan pantai Mawi secara keseluruhan, Anda bisa naik ke atas bukit yang ada di sebelah kiri dan kanan pantai. Di sebelah kiri, Anda harus melewati bebatuan dan rumput-rumput kering untuk sampai di puncaknya. Tapi jangan khawatir, perjungan Anda akan terbayarkan setibanya di atas. Dari atas bukit ini, Anda bisa menyaksikan pemandangan pantai dan para peselancar yang sedang beraksi. Keindahan pantai Semeti juga bisa Anda saksikan dari atas bukit ini. Jika Anda berada di Pantai Mawi seharian, sebaiknya naik ke bukit ini saat sore hari menjelang matahari terbenam karena pemandangan matari terbenam terlihat indah dari atas sini.


Cara ke Pantai Mawi

Lokasi Pantai Mawi berada di Desa Mekar Sari, Kabupaten Lombok Tengah. Jaraknya sekitar 16 km dari Bandara Internasional Lombok. Namun jalan menuju Pantai Mawi tidak begitu mulus, bahkan kita harus melewati persawahan dengan jalan yang belum diaspal kurang lebih 1 km.

Tidak ada angkutan umum yang menuju ke Pantai Mawi ini. Jadi, para wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai ini dan pantai lainnya yang berada di kawasan Mandalika Resort, sebaiknya menyewa mobil atau motor, atau mengambil paket wisata melalui beberapa agen wisata di Pulau Lombok.

Jika Anda membawa motor atau menyetir mobil sendiri, Anda bisa menggunakan teknologi GPS dan sering bertanya kepada penduduk setempat.

Untuk tarif sewa mobil di Pulau Lombok sekitar Rp600.000 per 10 jam. Harga ini sudah termasuk jasa sopir dan biaya bahan bakar. Sedangkan untu sewa motor sekitar Rp 50.000 per hari. Jika Anda berwisata ke Lombok bersama rombongan, sebaiknya menyewa mobil dengan sopirnya sehingga perjalanan wisata Anda akan lebih menyenangkan. Tapi bagi Anda yang berjiwa petualang, menjelajahi obyek wisata sendiri tentunya lebih menyenangkan dibanding menggunakan jasa agen wisata.

Sebelum masuk, wisatawan asing yang masuk ke Pantai Mawi harus membayar uang masuk sebesar Rp10.000 untuk sepeda motor dan Rp 20.000 untuk mobil. Spedangkan untuk wisatawan lokal hanya perlu membayar setangahnya saja.


Fasilitas Pantai Mawi Lombok

tempat wisata di lombok, pantai mawi, tempat wisata lombok tengah, tempat selancari di lombok, surfing di lombok

Pantai Mawi di Lombok belum dikelola secara professional sehingga belum ada fasilitas papun disini. Hanya terdapat beberapa gubuk-gubuk sederhana di tepi pantai yang digunakan untuk berteduh dan beberapa penjual minuman dengan menu andalannya yaitu es kelapa muda.

Bagi Anda yang ingin bermalam atau ingin mengungjungi tempat lain keesokan harinya, ada beberapa homestay dan hotel berbintang di kawasan Pantai Kuta, Kota Praya dan juga di Mataram.

Beberapa hotel yang direkomendasikan di Kota Mataram diantaranya:
Kuta Indah Hotel,
BIL Hotel, atau
Aerotel Mandalika Praya Lombok.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pantai Mawi, Surganya Para Peselancar di Lombok Tengah

0 komentar: