Semua tentang Tempat Wisata di Lombok, Indonesia @ 2017

Pantai Sire Medana Lombok

Meluangkan waktu untuk berlibur dengan keluarga memang menyenangkan, apa lagi jika Anda menjadikan Pantai Sire Lombok sebagai destinasi wisata yang perlu dikunjungi. Pulau Lombok memang terkenal dengan bermacam-macam destinasi wisata alam yang sangat indah, salah satunya adalah pantai Sire Medana yang sangat terkenal dan sering dikunjungi wisatawan domestik hingga mancanegara. Hamparan pasir putih yang luas, terumbu karang yang masih asri, hingga air laut yang berwarna biru cerah. Sangatlah cocok untuk menghangatkan kembali hubungan keluarga, dengan keasrian pantai ditemani kesunyian.


Selain dimanjakan oleh hamparan pasir putih yang luas, jika cuaca sedang cerah Anda akan semakin dimanjakan dengan pemandangan gunung Rinjani dari sisi kiri pantai ini. Sehingga membuat keindahan pantai Sire semakin bertambah, tak heran jika wisatawan merasa nyaman dan ingin berlama-lama berada ditempat ini. Ketika berada di pantai Sire, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti sepak bola, voli pantai, berenang, menyelam, snorkeling, hingga berjemur seperti dipantai-pantai Hawaii. Namun jika tidak membawa perlengkapan beraktivitas dipantai atau laut, tidak perlu bingung. Karena di setiap penjuru pantai, terdapat kios-kios yang menyewakan peralatan menyelam, bola, pelampung, hingga kamera untuk mengabadikan momen indah Anda.

Di sekitar pantai, terdapat deretan pohon kelapa yang ditata sedemikian rupa agar semakin mempercantik keasrian Pantai Sire.Tak hanya itu, adanya rumput hijau terlihat seperti hamparan karpet yang dipersiapkan untuk Anda. Ketika sore hari, sangatlah cocok untuk memancing dibibir pantai atau sekedar menikmati pemandangan matahari tenggelam yang dihiasai dengan burung camar yang berterbangan.Uniknya, pantai Sire juga digunakan sebagai halaman Lombok Golf Country Club semakin memperkaya fasilitas dan keindahan yang dimiliki pantai ini.


Jika ingin bermalam di sekitar pantai Sire terdapat beberapa penginapan yang langsung menghadap ke pantai, sehingga hanya perlu memilih penginapan sesuai selera Anda. Ketika senja tiba, Anda bisa menikmati malam dengan ditemani suara ombak yang di iringi suara jangkrik. Pagi harinya, Anda akan disambut dengan pemandangan matahari terbit sambil jalan-jalan menyusuri tepi pantai. Menjelang siang hari, Anda bisa bermain golf bersama keluarga di Lombok Golf Country Club. Sebagai catatan, proses matahari terbit (Sunrise) di pantai ini sangat singkat, sehingga alangkah baiknya jika Anda datang sebelum matahari terlihat. Sehingga Anda bisa mempersiapkan segala peralatan untuk mengabadikan foto, agar tidak melewati proses matahari terbit.

Keindahan pantai Sire sudah diakui hingga mancanegara, tak heran jika banyak turis berpendapat jika pantai Sire mampu menggeser dominasi pantai-pantai di bali dalam beberapa tahun saja. 6 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 26 September 2009, pantai ini dikunjungi 120 kapal pesiar dari 30 Negara di dunia. Wisatawan manca Negara tersebut, dibuat kagum dengan keindahan pantai Sire. Setahun sekali, pantai ini digunakan sebagai tempat untuk melarung sesaji masyarakat setempat. Acara melarung sesaji juga diramaikan dengan hiburan tradisional seperti tarian hingga hiburan musik dangdut Pada acara seperti ini, pantai Sire akan dipenuhi oleh masyarakat dan wisatawan.

Untuk melengkapi fasilitas yang dimiliki pantai Sire Lombok, berpetualanglah sekitar dua puluh lima menit ke arah lepas pantai. Hingga bertemu dengan wahana three musketeers yang terkenal dipulau Lombok yaitu Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan. Penduduk Sire Medana terkenal dengan keramahan mereka kepada para wisatawan, baik yang berasal dari dalam negeri atau manca Negara. Jika mengalami kesulitan dalam mengakses atau menuju ke pantai Sire, jangan segan-segan untuk bertanya kepada penduduk sekitar.


Rute Menuju Ke Pantai Sire Lombok

Pantai Sire berada di 43 kilometer dari kota Mataram, di wilayah barat pulau Lombok. Anda bisa menuju pantai Sire menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum, dengan lama perjalanan sekitar satu jam. Kami sarankan agar menggunakan kendaraan pribadi, karena kendaraan umum yang menuju ke pantai Sire sangat jarang dan hanya lewat sesekali saja.Untuk menuju pantai Sire, Anda bisa memilih dua rute perjalananya itu Gunung Sari - Sidemen - Pusuk - Pemenang - Sire atau Ampenan - Senggigi - Bukit Malimbu - Pemenang - Sire. Kedua rute tersebut memiliki keunikan masing-masing, Jika melewati rute pertama Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hutan-hutan yang sangat rindang dan berbagai satwa liar. Tak kalah dengan rutepertama, jika melewati rute ke dua Anda akan menemui pemandangan pesisir barat pulau Lombok.

Informasi Lokasi Pantai Sire Lombok

Desa Sire, Kabupaten Lombok Utara, Pulau Lombok.


Harga Tiket Masuk

Gratis

Fasilitas Umum

Hotel, Mushola, Toilet, dan Lahan Parkir.

Fasilitas Tambahan

Persewaan Peralatan Air ( Mulai dari 5.000 per jam ), Kano (15.000 per jam), Perahu ( 25.000 per jam ). Lapangan Golf. Tenda.

Hotel Dan Penginapan

The Oberoi Hotel,
Pesona Bulan Baru Hotel, 
Puri Saron Hotel, dan 
Tugu Lombok Hotel.


Tips Berwisata Di Pantai Sire Lombok

  • Bawalah tabir surya, hal ini dikarenakan agar kulit tidak terbakar karna sinar matahari.
  • Bawalah kacamata hitam, Jika ingin berjemur dipantai gunakanlah kacamata hitam supaya mata Anda tidak iritasi.
  • Bawalah jaket pelampung jika ingin bermain di air.
  • Parkirkan kendaraan Anda disekitar pantai, tentunya dekat dengan warung atau rumah warga sekitar.
  • Jika melewati rute Gunung Sari - Sidemen - Pusuk - Pemenang - Sire, jangan lupa membawa atau membeli pisang agar dapat berinteraksi dengan kera-kera liar.Jika Anda terbiasa berbelanja dengan uang non tunai( Kartu Kredit, Kartu Atm ), kami sarankan agar membawa uang cash, karena tidak adanya mesin ATM disekitar Pantai Sire Lombok

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pantai Sire Medana Lombok

3 komentar:

Misteri Parangtritis said...

Awesome information..
Keep writing and giving us an amazing information like this..

Star Wars Galaxy Of Heroes said...

Awesome information..
Keep writing and giving us an amazing information like this..

Tiens said...

Saya baru saja tinggal seminggu di mataram.. bisa jadi alternatif nih untuk liburan weekend keluarga... makasih infonya