Semua tentang Tempat Wisata di Lombok, Indonesia @ 2017

Berburu Oleh-Oleh Kerajinan khas Lombok

Nama Lombok kian hari kian populer di telinga para wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara. Lombok sering dijadikan sebagai destinasi wisata favorit setelah Bali karena lokasinya yang berdekatan dengan Pulau Bali. Sebagai destinasi wisata dunia, pemerintah setempat mengembangkan sejumlah potensi wisata lainnya yang tentunya dapat mendukung atraksi-atraksi wisata yang telah ada lebih dulu. Salah satu potensi wisata yang kini tengah dikembangkan adalah atraksi wisata budaya dan kerajinan khas Lombok.

Lombok sendiri memiliki cukup banyak jenis karya kerajinan yang unik dan hanya dapat dijumpai di Lombok saja. Kerajinan-kerajinan ini banyak diminati dan dibeli oleh wisatawan yang berkunjung sebagai souvenir atau oleh-oleh khas Lombok. Penasaran kerajinan apa saja yang menjadi oleh-oleh kerajinan Lombok? Berikut informasinya.


Kerajinan Cukli dari Kampung Rungkang

oleh-oleh khas lombok, kerajinan khas lombok, oleh-oleh kerajinan lombok, souvenir khas lombok, kampung rungkang lombok
Kerajinan Cukli adalah warisan budaya asli Suku Sasak. Anda dapat menjumpai berbagai model kerajinan Cukli di Kampung Rungkang, Kelurahan Satang-Sayang, Kota Mataram. Cukli sendiri adalah potongan-potongan kulit kerang mutiara. Potongan-potongan kulit kerang mutiara ini kemudian ditempelkan pada kerajinan berbahan kayu. Motif kerajinan Cukli sangat beragam, mulai dari motif bertemakan flora hingga motif-motif bertema fauna. Ada juga pilihan motif-motif primitif yang tak kalah cantik dengan motif flora dan motif fauna. Sebelumnya penduduk lokal Kampung Rungkang memproduksi kerajinan berupa gerabah, periuk, dan perkakas rumah tangga untuk dijual pada para wisatawan, namun responnya kurang baik sehingga mereka beralih pada kerajinan Cukli yang laku terjual. Contoh kerajinan Cukli yang umumnya dijual di Kampung Rungkang antara lain keris, keramik, guci, daun jendela, daun pintu, berugak, kotak penyimpanan, dan masih banyak lainnya.

Kerajinan Patung Kayu

oleh-oleh khas lombok, kerajinan khas lombok, oleh-oleh kerajinan lombok, souvenir khas lombok,
Sentra kerajinan lainnya yang dapat Anda jumpai di Lombok adalah sentra kerajinan patung kayu. Sentra kerajinan patung kayu ini berlokasi di Dusun Senanti, Desa Sukaraja. Sebagian besar warga lokal dusun ini berprofesi sebagai perajin patung yang dapat memproduksi karya patung kayu bernilai seni tinggi. Bahkan para perajin patung di sini mampu membuat patung kayu yang sangat mirip dengan patung-patung buatan Suku Asmat di Papua. Meski sekilas sama, namun ada perbedaan yang cukup mencolok dari karya-karya patung asli Dusun Senanti. Perbedaannya ada pada wajah dan kostum plus aksesoris patung. Patung-patung kayu dibuat dari bahan kayu berkualitas seperti kayu mahoni, jati, dan jenis kayu lainnya. Hebatnya lagi, patung-patung kayu buatan para perajin patung Dusun Senanti ini banyak dipesan oleh pecinta karya seni patung dari Jakarta, Yogyakarta, Bali, dan kota-kota besar lainnya.

Kerajinan Kain Tenun Gedogan

oleh-oleh khas lombok, kerajinan khas lombok, oleh-oleh kerajinan lombok, souvenir khas lombok, kain tenun khas lombok,
Kerajinan kain tenun Gedogan juga menjadi produk unggulan yang kemudian menjadi oleh-oleh kerajinan Lombok yang sangat khas. Kain tenun Gedogan ini banyak dijumpai di Kecamatan Pringgasela yang jaraknya sekitar 10 km dari Kota Selong. Soal kualitas, kain tenun yang satu ini tak ada lawannya. Kain tenun khas Lombok ini dibuat dari bahan-bahan alami, mulai dari serat bahan benang hingga pewarna yang digunakan selama proses pembuatan kain tenun Gedogan. Alat tenun yang digunakan pun masih tradisional. Ternyata tak hanya kain tenunnya saja yang menjadi daya tarik wisata di kecamatan Pringgasela ini, melainkan juga proses pembuatan kain tenun yang unik. Banyak wisatawan asing, khususnya wisatawan-wisatawan asing dari Jepang dan Australia sangat menyukai bagian pembuatan kain tenun ini. Banyak wisatawan asing yang ingin mencobanya. Orisinalitas inilah yang menjadi daya tarik utama di mata para wisatawan asing.

Kerajinan Gerabah dari Desa Banyumulek

oleh-oleh khas lombok, kerajinan khas lombok, oleh-oleh kerajinan lombok, souvenir khas lombok, kerajinan gerabah di lombok, desa banyumulek lombok, gerabah banyumulek
Nah, bagi Anda yang menyukai dan mengoleksi kerajinan gerabah, tambahkan koleksi gerabah Anda dengan gerabah khas Desa Banyumulek, Lombok, ini. Desa Banyumulek merupakan sentra kerajinan gerabah terbesar di Lombok. Yang menarik ketika berkunjung ke desa ini adalah Anda tak hanya dapat membeli atau melihat proses pembuatan kerajinan gerabah saja, melainkan juga Anda boleh turut membuatnya. Tentu akan sangat asik dan menambah pengalaman Anda.

Kerajinan Kain Songket dan Kerajinan Mutiara

Lombok juga sangat terkenal dengan kerajinan kain songket dan kerajinan mutiara. Kerajinan kain songket berpusat di Desa Sukarara, sedang kerajinan mutiara dapat Anda jumpai di Desa Sekarbela. Selain kain songket dan kerajinan mutiara, Anda juga dapat menjumpai sentra-sentra kerajinan lainnya di Lombok seperti sentra kerajinan rotan, sentra kerajinan bambu, sentra kerajinan tembikar, dan sentra kerajinan ukiran berbahan kayu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Berburu Oleh-Oleh Kerajinan khas Lombok

2 komentar: