Semua tentang Tempat Wisata di Lombok, Indonesia @ 2017

Sate Bulayak, Sate dengan Lontong Khas Lombok

Kuliner khas Lombok yang lebih menonjolkan rasa pedas dan santan memang menggugah selera siapa saja. Tak terkecuali makanan yang akan kami bahas kali ini, sate bulayak. Makanan khas yang satu ini patut Anda coba ketika berkunjung ke Pulau Lombok. Bagi Anda yang penasaran, berikut penampakan sate bulayak khas Lombok ini.

makanan khas lombok, kuliner khas lombok, sate bulayak mataram, resep sate bulayak, tempat sate bulayak, sate bulayak khas lombok, sate bulayak khas mataram

Tidak jauh berbeda dengan sate pada umumnya, sate bulayak juga terdiri dari potongan-potongan daging kecil yang ditusuk dan dibakar serta dipadukan dengan bumbu kacang dan potongan lontong. Uniknya, lontong yang disajikan bersama sate merupakan lontong khas Lombok yang disebut Bulayak. Lontong ini terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan sehingga memberikan rasa lembut dan gurih. Bentuk Bulayak juga berbeda dengan lontong pada umumnya, dimana bulayak berbentuk lebih kecil dan memanjang serta dibungkus dengan daun aren, bukan dengan daun pisang seperti lontong biasanya. Konon, bungkus daun aren ini memberikan cita rasa yang khas dari Bulayak itu sendiri.

makanan khas lombok, kuliner khas lombok, sate bulayak mataram, resep sate bulayak, tempat sate bulayak, sate bulayak khas lombok, sate bulayak khas mataram

Resep bumbu sate Bulayak khas Lombok ini terdiri dari kacang tanah sangrai yang ditumbuk lalu direbus dengan santan dan berbagai bumbu lainnya. Rasanya sendiri mirip seperti bumbu kari dengan lebih menonjolkan rasa pedas yang merupakan ciri khas kuliner Lombok.

Tidak susah untuk mencari masakan khas Lombok Sate Bulayak ini. Anda bisa menemukan penjual yang menjajakan sate bulayak ini di sekitar objek-objek wisata khususnya yang sudah ramai seperti Pantai Kuta Lombok. Warung-warung di Kota Mataran juga sudah banyak yang menyajikan sate bulayak sebagai menu utamanya. Salah satu tempat yang paling terkenal adalah di kawasan nongkrong lesehan yang berada di taman kota sepanjang jalan Udayana hingga Sudirman Kota Mataram.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sate Bulayak, Sate dengan Lontong Khas Lombok

3 komentar:

Jasa Order Joger said...

sate apa tuh gan, kok baru dengar ane? enak ga?

Wisata Lombok said...

Sate khasnya Lombok gan. Dijamin enak gan, cobain deh,

near zero risk said...

pengen cobaen deh rasanya sate bulayak