Semua tentang Tempat Wisata di Lombok, Indonesia @ 2019

Pilihan Alat Transportasi Menuju dan Selama di Lombok

Selain tujuan wisata dan hotel, transportasi juga sangat penting untuk Anda persiapkan saat berencana  melakukan wisata ke Lombok. Karena bisanya kita hanya sibuk menentukan tujuan dan tempat menginapan saja namun lupa merencakan dan memikirkan mode transportasi apa yang akan digunakan untuk menuju destinasi wisata tersebut. Akhirnya, kita dibuat repot dengan masalah transportasi. Selain itu, dengan merencanakan transportasi apa yang akan digunakan, kita akan lebih mudah untuk memperkirakan budget yang akan Anda keluarkan. Oleh sebab itu, dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan sedikit seputar pilihan alat transportasi untuk menuju dan selama di Lombok sehingga bisa menjadi pertimbangan Anda saat melakukan wisata.

Bandara, jalur masuk utama ke Lombok

bandara internasional lombok, bil, bandara lombok, transportasi ke lombok, wisata ke lombok, wisata lombok,

Sebagian wisatawan yang berasal dari seluruh nusantara maupun wisatawan mancanegara masuk ke Pulau Lombok melalu Bandar Udara Internasional Lombok (BIL). Bandara ini terletak di jantung Pulau Lombok tepatnya di Tanah Awu, Lombok Tengah. Hampir seluruh maskapai besar yang ada di Indonesia sudah memili rute ke bandara ini, beberapa diantaranya adalah Garuda Nusantara Air, Lion air, Wings Air, Trigana Air, dan Trans Nusa. Selain itu, beberapa maskapai internasional seperti Air Asia dan Silk air juga melayani penumpang menuju Lombok dari luar negeri yaitu Malaysia dan Singapura. Untuk lebih lengkapnya mengenai penerbangan dari dan menuju Pulau Lombok, Anda bisa melakukan cek di halaman berikut.

Nah, dari Bandara Internasional Lombok inilah kemudian kita dapat melanjutkan perjalanan menuju tujuan wisata atau hotel sesuai dengan rencana sebelumnya. Jika Anda belum memiliki layanan jemputan dari hotel atau travel agen, Anda tidak perlu khawatir karena di bandara ini ada banyak angkutan umum yang tersedia seperti taksi dan damri. Untuk taksi, tarifnya tentu tergantung tujuan Anda. Sedangkan untuk damri, tarif dari bandara menuju Mataram adalah Rp. 15.000.

Transportasi ke Lombok melalui jalur laut

Bagi Anda yang tidak tidak ingin menggunakan pesawat terbang menuju Pulau Lombok atau kebetulan Anda dari pulau Bali, maka alternatif lain adalah melalui jalur laut. Ada dua pelabuhan di Bali yang sering digunakan wisatawan untuk menuju pulau Lombok yaitu Pelabuhan Padang Bai dan Tanjung Benoa Bali. Dari Padang Bai, Anda bisa menuju Pelabuhan Lembar di Lombok yang melayani rute ke beberapa destinasi terbaik di Lombok seperti Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno menggunakan kapal cepat. Lama waktu perjalanan dari Padang Bai menuju Lembar sekitar 4 jam dengan kapal feri. Anda tidak perlu takut kehabisan tiket karena penyeberangan tersedia selama 24 jam setiap hari dengan harga tiket Rp. 50.000 per penumpang.

pelabuhan lembar lombok, pelabuhan ke pulau gili, kapal feri di lombok, transportasi ke lombok, wisata ke lombok, wisata lombok,
Selain menggunakan feri ke Pelabuhan Lembar, Anda juga dapat langsung menuju destinasi wisata di Lombok seperi Gili Trawangan dan Telu Kodek melalui Padang Bai dengan menggunakan kapal cepat (fast boat). Ada banyak kapal cepat yang tersedia untuk mengamodasi perjalanan Anda, tentunya dengan harga yang beragam pula. Diantaranya adalah Kapal Cepat Gili Cat yang melayani rute Padang Bai-Gili Trawangan dengan tarif sekali jalan sebesar Rp. 600.000 dengan lama perjalanan sekitar 2-2,5 jam atau Suranadi Express dengan tarif tiket Rp. 550.000 sekali jalan. Selain itu, ada juga Blue Water Express yang melayani rute dari tanjung Benoa Bali menuju Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno dengan tarif Rp. 650.000 untuk waktu perjalanan 2 jam.

Transportasi Darat ke Lombok

Selain mode transportasi laut dan udara, ada satu lagi yang juga bisa menjadi pilihan Anda menuju ke Lombok yaitu dengan transportasi darat. Jalur darat dianggap sebagai pilihan yang paling hemat dari semua jenis transportasi namun dengan waktu tempuh yang jauh lebih lama. Misalnya saja, waktu penjalanan menggunakan bus dari Jakarta ke Lombok bisa memakan waktu dua hari dua malam dengan ongkos sekitar Rp. 400.000. Bandingkan jika Anda menggunakan pesawat terbang yang hanya 1,5 jam saja dengan biaya sekitar Rp.700.000. Kecuali jika Anda pecinta backpacking yang ingin melakukan backpacker ke Lombok dan ingin menikmati suasana perjalanan sepanjang perjalanan.

Jika tidak, Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi dan menggunakan feri untuk menyeberang melalu Padang Bai ke Pelabuhan Lembar yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan menuju Mataram.

Pilihan Transportasi Selama di Lombok

bemo di lombok, angkutan kota di lombok, angkutan umum di lombok, transportasi ke lombok, wisata ke lombok, wisata lombok
Selama berada di Lombok, Anda bisa menggunakan beberapa alternatif alat transportasi. Salah satunya adalah bemo, sebutan untuk angkutan kota di Lombok. Jadi jangan bayangkan kendaraan beroda tiga seperti yang ada di Jakarta. Bemo di Lombok melayani penumpang ke beberapa tujuan wisata seperti Mataram, Ampenan, Cakranegara dan Senggigi dengan tarif yang terjangkau. Selain bemo, Anda juga dapat menggunakan ojek. Ojek merupakan transportasi yang juga banyak digunakan di Lombok terutama pada malam hari, hal ini karena bemo aias angkutan kota hanya beroperasi sampai sore hari. Tidak ada tarif resmi untuk ojek, karena semuanya tergantung kesepakatan antara penumpang dengan tukang ojek. So, pandai-pandailah menawar.!
delman di lombok, dokar di lombok, transportasi di senggigi,  transportasi ke lombok, wisata ke lombok, wisata lombok,

Ada satu lagi transportasi yang bisa kita jumpai di Lombok khususnya di tempat-tempat wisata tradisional seperti Pantai Senggigi yaitu Cidomo. Cidomo merupakan singkatan dari Cikar Dokar dan Motor atau dikenal dengan sebutan delman jika di tempat lain. Jadi bagi Anda yang belum pernah naik delman, Anda bisa mencoba naik cidomo ini untuk menuju tempat-tempat di sekitar atau hanya sekedar berkeliling pantai. Meskipun menyenangkan, belakangan ada wacana kalau penggunaan cidomo akan dibatasi bahkan dihilangkan karena dianggap menghasilkan polusi (kotoran hewan) dan tidak manusiawi karena memperkerjakan kuda. Pemerintah setempat berencana mengganti cidomo dengan golf car. Golf car dianggap lebih efisien dan tidak menghasilkan polusi. Jangan heran karena ada beberapa destinasi wisata di Lombok yang melarang penggunaa kendaraan bermotor untuk menjaga keasrian dan kesejukan udara disekitarnya. Beberapa destinasi wisata tersebut adalah Pantai Senggigi, Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

Pilihat terakhir jika Anda tidak mau repot dan lebih leluasa dalam menjelajahi tempat-tempat wisata di Lombok yaitu dengan menyewa mobil. Harga sewa mobil sangat beragam, tergantung merek dan lamanya penyewaan. Tapi umumnya, harga sewa mobil berkisar antara Rp. 250.000 hingga Rp. 300.000 untuk penggunaan sehari penuh. Tidak hanya itu, beberapa tempat di Lombok juga menyediakan sewa sepeda motor dengan tarif antara Rp. 35.000 hingga Rp. 50.000 per hari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pilihan Alat Transportasi Menuju dan Selama di Lombok

5 komentar:

Unknown said...

Terimakasih tipsnya sangat berguna..

join Dunia Wisata Tour Organizer
call 0341-456444 | sms only 081 - 333494333
www.duniawisataku.com
ada banyak paket wisata murah disini
Enjoy travelling with us :)

jual mesin las said...

good recommendation, nice view. thanks for information :)

ani suryani said...

mantaf,makasih infonya,
by admin Hotel di Pangandaran

LOMBOK ARFATOURINDO said...

Bagus. lombokarfatourindo serves transport, flight tickets, hotels, rental motorbikes, car with English speaking driver, and tours

Jenis Alat Transportasi Darat Laut Udara said...

Informasinya sangat mendetail, hebat. lumayan kudu nabung juga nih kalo pergi ke lombok. soalnya pengen banget. makasih infonya.