Semua tentang Tempat Wisata di Lombok, Indonesia @ 2019

5 Objek Wisata Terbaik di Pulau Moyo, Sumbawa

Pulau Moyo merupakan sebuah pulau di utara Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pulau ini menjadi tujuan wisata favorit sebagian orang karena selain memiliki objek wisata yang indah, di sini juga masih alami dan belum terlalu ramai sehingga memberikan kesan tenang dan damai. Seperti dalam artikel menganai Pulau Moyo sebelumnya, beberapa artis dunia seperti Mick Jagger dan Putri Diana pernah mengunjungi beberapa objek wisata di sini. Nah, apa saja yang bisa kita nikmati di Pulau Moyo Sumbawa ini? Berikut adalah 5 tujuan wisata terbaik yang dapat Anda kunjungi di Pulau Moyo, Sumbawa.

Tempat wisata di Pulau Moyo Sumbawa

1. Pantai Tanjung Pasir

objek wisata di sumbawa, wisata sumbawa, wisata pulau moyo sumbawa,

Tanjung Pasir berada di ujung selatan Pulau Moyo. Di sini, Anda dapat menikmati hamparan pasir putih dengan gugusan bukit di sekekitat pantai tersebut. Perairan Pantai Tanjung Pasir yang cukup tenang tanpa ombak besar membuatnya cocok dijadikan tempat berenang dan bermain di tepi pantai. Selain pemandangan alamnya yang indah, pemandangan bawah laut di pantai ini pun sangat mempesona. Terumbu karangnya masih sangat terjaga lengkap dengan ikan-ikan kecil beraneka ragam adalah hal yang pasti Anda temukan saat melakukan penyelaman. Itulah sebabnya, Tanjung Pasir merupakan tujuan utama para diver saat berwisata ke Pulau Moyo. Di Pantai Tanjung Pasir ini pula sudah terdapat beberapa brugak, semacam bale yang berfungsi sebagai tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan laut yang indah dan angin sepoi-sepoi.

Untuk menuju Tanjung Pasir, Anda bisa melalui Sumbawa Besar menggunakan perahu motor nelayan dengan waktu sekitar 1,5 jam. Tempat yang paling dekat untuk mencapai Tanjung Pasir adalah dari desa Ai Bari dengan hanya menempuh perjalanan kurang dari 30 menit dengan menggunakan perahu motor nelayan. Desa ini dapat ditempuh dengan kendaraan dari Sumbawa Besar sekitar 1 jam.

2. Pantai Ai Manis


Pantai Ai Manis merupakan tujuan wisata yang sangat cocok bagi Anda yang suka berpetualang. Di sini Anda dapat melakukan kegiatan adventuring seperti camping, snorkeling dan diving sepuasnya. Pantai ini menjadi spot snorkeling dan diving favorit di Pulau Moyo karena pemandangan bawah lautnya sangat mempesona. Terumbu karang beberapa jenis biota laut seperti anemon, sponge, crustacea, belut dan sebagainya bisa kita jumpai saat snorkeling. Di kawasan ini juga terdapat hutan tropis yang dihuni oleh berbagai jenis hewan seperti babi hutan, burung koakkao, rusa, sapi liar, kakatua dan burung gosong. Menyusuri hutan atau hiking adalah aktivitas seru yang bisa Anda coba di sini.

Ai Manis terletak tidak jauh dari Tanjung Pasir yaitu sekitar 20 menit dengan kapal motor nelayan. Anda juga menuju Ai Manis dari Pantai Kencana dengan waktu tempuh sekitar 60 menit.

3. Air Terjun Mata Jitu


Objek wisata di Pulau Moyo lainnya adalah Air Terjun Mata Jitu atau dikenal juga dengan nama Air Terjun Lady Diana. Dinamakan demikian karena air terjun ini pernah dikunjungi oleh Lady Diana. Tidak hanya berkunjung, ia pun sempat mandi di bawah guyuran air terjun yang sangat jernih. Aliran air di tempat ini sangat tenang dan berwarna hijau ke biruan. Di sekitar air terjun ini terdapat 7 kolam yang tidak boleh digunakan untuk mandi dan berenang. Namun Anda tidak perlu kecewa karena pihak pengelola sudah menyiapkan spot khusus yang disediakan untuk wisatawan yang ingin mandi dan berenang di sini.

Air Terjun Mata Jitu Pulau Moyo dapat ditempuh menggunakan sepeda motor atau ojek dengan waktu tempuh sekitar 20 menit dari Desa Labuan Aji. Jangan khawatir, sepanjang perjalanan Anda akan disiguhi oleh pemandangan alam hutan dan perkebunan jambu mete warga setempat.

4. Poto Jarum

objek wisata di sumbawa, wisata sumbawa, wisata pulau moyo sumbawa,

Poto Jarum (Ujung Jarum) adalah sebuah kawasan lindung di Pulau Moyo. Kawasan ini memiliki pantai yang begitu indah dengan pasir putih. Pantainya sangat cocok untuk snorkeling dan berjemur (sunbathing).

Untuk menuju Poto Jarum, Anda bisa menggunakan kapal motor nelayan dari Pantai Kencana dengan waktu sekitar 70 menit atau dari Tanjung Pasir selama 60 menit.

5. Brang Sedo

Destinasi yang terakhir adalah Brang Sedo. Kawasan wisata pantai ini cocok untuk Anda yang menyukai aktivitas berkemah. Selain menikmati keindahan alamnya yang masih alami, Anda juga dapat melakukan beberapa aktivitas pantai lainnya seperti snorkeling dan diving di kawasan ini.

Untuk menuju Brang Sedo, Anda dapat melakukan perjalanan dengan kapal motor nelayan dari pantai kencana dapat ditempuh selama 60 menit atau sekitar 70 menit dari salah satu objek wisata terbaik di Pulau Moyo, Tanjung Pasir.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Objek Wisata Terbaik di Pulau Moyo, Sumbawa

3 komentar:

Unknown said...

memang menakjubkan!

join Dunia Wisata Tour Organizer
call 0341-456444 | sms only 081 - 333494333
www.duniawisataku.com
ada banyak paket wisata murah disini
Enjoy travelling with us :)

Wiraloka said...

Thanks infonya, siapa tau bisa ke tempat tempat tersebut....

dinihariyani said...

kreeeeen