Semua tentang Tempat Wisata di Lombok, Indonesia @ 2017

Wisata Alam Dan Religi Saat Mengunjungi Batu Layar Lombok

Batu layar adalah salah satu nama desa yang terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Desa ini adalah salah satu desa dari 6 desa yang ada di Lombok Barat. Ketika mengunjungi batu layar Lombok, sempatkanlah untuk mengunjungi wisata religi yang ada di sana. Yaitu makam Batu Layar. Makam batu layar letaknya di daerah perbatasan yang memasuki area Senggigi. Jarak dari pusat kota Mataram sekitar 9 km. Makam ini dianggap oleh masyarakat Lombok sebagai makam keramat karena masyarakat Lombok percaya bahwa makam ini merupakan makam seorang tokoh yang bernama Sayid Duhri Al Haddad Al Hadrami yang memiliki peranan penting dalam perkembangan agama Islam di Lombok.

wisata religi, budaya, wisata lombok, lombok barat

Makam batu layar banyak dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai daerah di Lombok hampir setiap tahunnya. Orang-orang yang mengunjungi batu layar Lombok ini ada yang datang untuk membayar nazar. Nazar di sini maksudnya adalah janji yang diucapkan seseorang ketika permohonannya dikabulkan. Beberapa bentuk nazar tersebut kebanyakan mengunjungi makam ini ketika permohonannya terkabul atau pada saat akan berangkat haji atau umroh. Tidak hanya wisatawan dari Lombok saja yang datang, tetapi juga dari luar Lombok yang mengunjungi makam batu layar di Lombok.

Puncak ramai makam batu layar ini adalah pada saat lebaran topat, yaitu perayaan lebaran yang diselenggarakan pada saat 7 hari setelah hari raya Idul Fitri. Masyarakat Lombok terutama Lombok Barat selalu merayakan lebaran topat. Lebaran topat diawali dengan tradisi nyangkar. Ketika mengunjungi batu layar Lombok, para pengunjung tidak hanya berziarah ke makam batu layar saja. Tetapi di dekat makam tersebut ada juga pantai batu layar yang dapat dikunjungi untuk melihati keindahan pantai. Pantai batu layar letaknya dekat dengan pantai senggigi. Jadi di sana dapat sekaligus mengunjungi pantai senggigi dan menikmati keindahan pantai pada saat sunset yang bisa dilihat dari pinggir jalan raya.

wisata lombok, lombok barat
Pantai batu layar letaknya masih di kecamatan batulayar, kabupaten Lombok Barat. Daerah ini sebenarnya bukan salah satu tujuan wisata favorit di Lombok. Karena pantainya sendiri tidak jauh berbeda dengan pantai biasa dan di pinggir pantainya banyak pemukiman penduduk yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan. Dapat dilihat juga banyak berjajar kapal-kapal nelayan di sana. Tapi tidak salah juga jika mengunjungi batu layar Lombok mampir ke pantai ini. Untuk dapat menuju ke pantai batu layar yang jaraknya kurang lebih 10 km dari pusat kota mataram atau sekitar 2 km sebelum pantai senggigi ini, bisa menggunakan kendaraan pribadi roda empat maupun roda dua. Tempatnya juga jarang dilewati oleh kendaraan umum kecuali taxi.

Pantai batu layar sendiri letaknya berderet dengan pantai yang terkenal di Lombok. Yaitu ada pantai batu bolong, dan juga pantai senggigi. Banyak orang yang mengunjungi batu layar Lombok mampir ke pantai batu layar karena pada saat hari libur atau pada hari minggu pantai ini padat banyak pengunjung. Tidak hanya dari pengunjung sekitar Lombok Barat saja yang datang, tetapi juga dari berbagai wilayah di Lombok seperti dari Lombok utara juga datang menikmati pemandangan pantai batu layar ini. Mungkin juga dikarenakan di dekat lokasi ini terdapat makam batu layar sehingga menjadi banyak pengunjung yang datang terutama pada hari minggu.

Dan ketika melihat sunset di pantai batu laar, para pengunjung yang datang juga dapat melihat gunung agung yang terletak di depannya. Mengunjungi batu layar Lombok tentu bisa menjadi altenatif pilihan wisata lainnya selain berwisata ke lokasi terkenal lainnya. Dengan mengunjungi daerah batu layar Lombok, selain dapat berwisata religi juga bisa berwisata alam sekaligus. Apalagi letaknya yang juga berdekatan dengan kawasan wisata lainnya di Lombok yaitu kawasan pantai senggigi. Jika sudah cukup lama bersantai di pantai batu layar, bisa selanjutnya berkunjung ke pantai sengigi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Wisata Alam Dan Religi Saat Mengunjungi Batu Layar Lombok