Semua tentang Tempat Wisata di Lombok, Indonesia @ 2017

Pura Batu Bolong - Lombok Barat

Pura Batu Bolong terletak di bebatuan dekat Pantai Senggigi, Batu Layar, sebelah barat laut Kota Mataram, Lombok Barat. Perjalanan ke Lombok Anda sepertinya tidak lengkap jika tidak mengunjungi Pantai Senggigi, obyek wisata Pulau Lombok yang menjanjikan pesona alam yang luar biasa. Bahkan karena keindahan Pantai Senggigi, salah satu novelis Indonesia, Mira W., menulis sebuah novel berjudul "Segurat Ferris di Pantai Senggigi." Di tempat ini terdapat berbagai tujuan wisata, salah satunya adalah sebuah pura yang disebut Pura Batu Bolong.

Seperti namanya, Pura Batu Bolong terletak di atas batu hitam Pantai Senggigi yang memiliki lubang atau lubang di tengah. Dengan posisinya yang menjorok ke laut, candi ini memiliki suasana keindahan tersendiri. Tempat suci umat Hindu ini sekilas akan mengingatkan Anda pada Pura Tanah Lot yang ada di Bali, bangunan ibadah yang terletak di bibir pantai dengan posisi menjorok ke laut.

pantai senggigi, pulau lombok, hindu, wisata lombok, keindahan alam,


Suara ombak yang menghantam batu, kemudian mengalir melalui lubang menganga ditingkahi angin laut bertiup akan menciptakan keajaiban tersendiri bagi siapa saja yang menginjakkan kaki di Pura Batu Bolong. Pura yang berhadapan langsung dengan Selat Lombok dan Gunung Agung Bali ini menciptakan atmosfer spiritual yang mampu memberikan ketenangan bagi umat Hindu yang ngaturang pengabdian (doa dan ibadah) di candi ini.

Di atas batu-batu besar berwarna hitam itu terdapat dua candi. Saat berjalan menuruni tangga, Anda akan menemukan candi pertama yang berdiri di bawah naungan pohon rindang. Sedangkan candi kedua berdiri di atas batu yang naik sekitar 4 meter dan memiliki lubang di bawahnya. Untuk mencapai candi utama ini Anda harus berjalan hati-hati agar tidak terkena cipratan ombak yang menghantam karang.

pantai senggigi, pulau lombok, hindu, wisata lombok, keindahan alam, matahari terbenam

Untuk pengunjung biasa yang hanya ingin menikmati keindahan Candi, kamera adalah hal yang harus Anda bawa ke tempat ini, karena Anda akan menemukan banyak hal yang menarik untuk diabadikan. Jika cuaca cerah, Anda dapat melihat Gunung Agung di pulau Bali yang menjulang tinggi. Namun jika Anda datang di sore hari, matahari tenggelam dan perubahan warna langit dari sore ke petang dan kemudian ke malam adalah pemandangan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Saat Lebaran tiba, umat Muslim di Lombok akan berbondong-bondong membanjiri pantai di depan pura. Mereka akan menikmati opor ayam beramai-ramai, kue beras, ayam dan serundeng Taliwang. Pada saat seperti itu Anda akan melihat harmoni yang indah dalam keragaman. Meskipun mereka berbeda, mereka masih akur dan hidup bersama secara harmonis.

Karena Pura Batu Bolong berada di kompleks Pantai Senggigi, Anda tidak perlu khawatir mengenai fasilitas dan akomodasi. Di daerah ini ada banyak penginapan, mulai dari hotel murah, hotel, hingga resort yang terkenal. Anda dapat memilih sesuai dengan budget Anda. Selain itu, untuk urusan perut, di tempat ini Anda dapat menemukan warung makan dan restoran dengan mudah. Kios souvenir, area parkir, toilet, semua tersedia di wilayah tersebut.

Akses ke Pura Batu Bolong

Terletak sekitar 12 km dari kota Mataram, ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat, membuat Pura Batu Bolong mudah diakses oleh wisatawan dan orang-orang yang ingin berdoa di candi ini. Wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi pun bisa ke tempat ini dengan angkutan umum dan taksi di Kota Mataram. Untuk akses ke Pantai Senggigi bisa Anda lihat di artikel mengenai Wisata Pantai Senggigi.

Itulah sedikit informasi mengenai Pura Batu Bolong yang berada di Lombok Barat. Jika  artikel ini bermanfaat, share ke teman-teman Anda di media sosial untuk memperkenalkan dan memajukan wisata lokal Indonesia. Jika ada infromasi yang kurang atau keliru, jangan sungkan untuk kontak kami atau tinggalkan komentar di bawah. Terimakasih dan  Selamat berwisata.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pura Batu Bolong - Lombok Barat