Semua tentang Tempat Wisata di Lombok, Indonesia @ 2019

7 Tips saat Melakukan Wisata ke Lombok

Lombok memang banyak memiliki objek wisata yang indah untuk dinikmati. Bagi Anda yang melakukan wisata ke Lombok, blog wisata Lombok kali ini akan memberikan 7 tips saat melakukan perjalanan wisata / liburan ke Pulau Lombok. Tips ini bisa diterapkan untuk Anda para wisatawan yang terbiasa menjadi backpacker maupun bukan.

petani, pagi hari, sawah, wisata lombok, pulau lombok, suku sasak

1. Merencanakan Jadwal Perjalanan Wisata dengan Matang

Terkadang spontanitas bisa menjadikan liburan semakin seru. Namun, jika Anda hanya memiliki waktu yang terbatas untuk liburan, sebaiknya Anda merencakan jadwal perjalanan dengan matang. Carilan informasi sebanyak mungkin melalui Internet atau media lainnya. Mulai dari penginapan, transportasi, hingga jarak dan waktu yang diperlukan menuju tempat-tempat wisata di Lombok. Dengan demikian, waktu Anda tidak akan terbuang dilokasi hanya untuk mencari informasi tersebut apalagi, terlebih jika Anda akan berlibur bersama teman-teman atau keluarga.

Untuk menghindari konflik saat melakukan liburan, Anda dan rombongan harus sudah merencanakan perjalanan Anda sebelumnya. Satu lagi yang juga penting adalah mengcari informasi mengenai agenda festival atau kegiatan yang akan dilaksanakan di Pulau Lombok sesuai dengan jadwal wisata Anda. Anda bisa menemukan berbagai informasi tersebut di situs wisata Lombok ini.

2. Sewa Mobil untuk Transportasi

Tips yang kedua, sewalah mobil sebagai alat transportasi selama berada di Lombok. Jika Anda berwisata sendiri, Anda bisa menggunakan Bemo (angkot) atau Cidomo (semacam dokar). Namun, jika Anda berlibur secara kelompok maka sebaiknya Anda menyewa mobil heningga biaya transportasinya bisa jadi lebih murah. Dengan menyewa mobil, Anda dapat menjangkau wilayah yang lebih jauh daripada mengunakan angkutan umum. Apalagi jika tempat penginapan Anda di daerah Mataram, bemo dan cidomo lebih jarang ditemui sebab angkutan umum andalan di Lombok ini lebih banyak dijumpai di luar kota Mataram.

Walaupun tarif sewa mobil di Lombok terbilang sedikit lebih mahal, ada juga keuntungan lain jika Anda menyewa mobil yaitu Anda akan mendapatkan tour guide gratis dari sang sopir. Karna biasanya, sang sopir adalah warga asli sana yang tentunya sudah hapal tempat-tempat wisata yang sering dikunjungi di Lombok. Anda juga bisa bertanya dan bertanya panjang lebar kepada si sopir terkait tempat wisata tersebut selama perjalanan.

3. Extra Uang Cash di Dompet

Berbeda dengan tempat wisata di Kota lain, untuk menikmati objek wisata di Lombok tidak dipungut biaya seperti di sentra gerabah Banyumulek, desa tradisional Suku Sasak, ataupun Pura Lingsar. Tapi, saat Anda memasuki tempat-tempat tersebut, biasanya ada sebuah kotak amal dan buku untuk menuliskan nilai sumbangan seikhlasnya yang Anda berikan. Sumbangan ini nantinya digunakan untuk perawatan dan kemajuan tempat-tempat wisata tersebut.

Disamping itu, agar Anda memperoleh cerita yang lengkap seputar tempat wisata yang tersebut, Anda bisa menggunakan jasa pemandu tour lokal di tempat itu. Biayanya sih tidak ditentukan, tergantung budget dan keikhlasan hati Anda saja.


4. Cobalah Berhenti di Tempat Tak Terduga

Sebenarnya ada banyak tempat di Pulau yang dapat Anda nikmati selain tempat-tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan. Cobalah berhenti di tempat-tempat yang menurut Anda indah dan bisa dinikmati selama perjalanan Anda menuju tujuan wisata utama Anda. Misalnya, Anda dapat berangkat lebih pagi sekitar jam 7 saat petani Suku Sasak masih tampak beraktivitas menanam padi di sepanjang jalan di wilayah Sukarara maupun Batu Jayi. Sinar matahari yang mulai menyingsing juga semakin menambah kecantikan pemandangan hamparan hijau lahan pertanian itu.

Jika Anda pecinta fotografi, jangan Anda sia-siakan kesempatan ini untuk mengabadikan momen. Coba lah berhentilah dan mulailah mengabadikan aktivitas para petani yang tengah menanam padi dan tengah membajak sawah, atau akvitas para tengkulak yang tengah membeli gabah dari petani. Cobalah untuk bersosialisasi dengan masyarakat setempat. Dengan berkomunikasi dan memperkenalkan diri, mereka akan mulai bercerita mengenai aktivitas dan kehidupannya sebagai Petani Sasak. Bahkan jika Anda sedang beruntung dan mereka merasa nyaman, bisa saja ada ajakan sarapan pagi di pinggir sawah akan meluncur dari para petani ini.

Jadi jangan pernah Kamu sia-siakan waktu Anda berdiam diri di hotel, beraktivitas sedari pagi hari, bersosialisasi dengan masyarakat setempat dan berhentilah dimana saja yang menurut Anda menarik untuk di Explore.


5. Siapkan Sunblock

Wisata andalan Pulau Lombok adalah pantai-pantainya yang sangat eksotis yang tersebar mulai dari Lombok Barat hingga Lombok Selatan. Contohnya di Lombok Barat terdapat Pantai Senggigi dan tiga Pulau Gili yang terkenal yakni Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Di Lombok Selatan terdapat Pantai Kuta, Tanjung Aan, dan Pantai Mawun. Disana Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berjemur, snorkeling, diving, hingga berselancar. Maka dari itu, tips saat melakukan wisata ke Lombok lainnya yaitu jangan lupa sediakan sunblock agar efek dari panasnya matahari pesisir pantai bisa sedikit Anda kurangi. Tapi perlu diingat sunblock tidak membuat kulit Anda tidak menghitam, melainkan hanya mengurangi kulit dari kegosongan atau iritasi akibat Sinar UV.


6. Berpakaianlah yang Sopan

Mayoritas penduduk Lombok adalah Suku Sasak yang beragama Islam dan masih menjunjung tinggi norma agama dan sosial dalam bermasyarakat. Walaupun Lombok sudah menjadi lokasi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara, namun di Lombok para turis tidak bisa sembarangan dalam berpakaian. Pakaian yang terbuka hanya akan mengundang tatapan sinis penduduk lokal. Karna hal ini menujunkan bahwa Anda tidak menghormati penduduk di sana. Anda juga tidak boleh mabuk-mabukan di tempat terbuka. Dan aturan tidak tertulis ini lebih ketat lagi terjadi saat bulan Ramadhan, ketika para umat muslim mulai berpuasa.


7. Menikmati keindahan malam

Hiburan malam hari di Pulau Lombok terbilang minim jika dibandingkan dengan Bali yang pariwisatanya hidup selama 24 jam. Di pusat Kota Mataram sendiri, aktivitas warga mulai sepi pada jam 8 malam. Namun tenang saja, apabila Anda masih ingin menjelajah keindahan Lombok di malam hari, Anda dapat langsung meluncur ke Pantai Senggigi. Karna disana, ada belasan cafe terbuka, karaoke, hingga restoran sea food membanjir dan buka hingga dini hari.

Apabila kamu sedang menginap di Gili Trawangan, sempatkanlah merasakan keindahan malam di pulau kecil ini. Biasanya, setiap tengah malam, Gili Trawangan menggelar pesta dan hiburan musik bagi para turis yang datang hingga pagi.

Itulah 7 tips melakukan saat melakukan wisata ke Lombok. Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat. Jika Anda punya tips lainnya, silahkan berbagi dengan kami di komentar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Tips saat Melakukan Wisata ke Lombok